Karena Masa Depan adalah Hari Ini

Screen Shot 2014-04-12 at 7.15.11 AM

TIDAK pernah terlintas di benak saya bahwa kelak hari ini saya berada di negeri orang. Negeri yang konon pernah membersamai nusantara beratus-ratus tahun lamanya: Belanda. Kali ini bukan untuk berlibur atau bekerja, melainkan sekolah.

Seperti yang pernah saya bagi di postingan sebelumnya, keajaiban tidak datang begitu saja. It takes times. A lot of time. We need to put a lot of efforts to make anything we want, happen. Untuk kasus saya, kuliah master di Belanda.

sepeda

Di postingan yang ini saya sempat menyinggung beberapa hal terkait pertimbangan memilih kampus idaman. Dan hubungannya dengan postingan kali ini adalah bagaimana kita sedini mungkin, paling tidak, punya beberapa pilihan. Pilihan tentang apa yang akan dilakukan kelak. Tentang rencana-rencana. Tentang mimpi-mimpi. Tentang masa depan yang kerap hanya mengendap di angan atau menguap di udara. *lebay*

Nah, saat setelah 5 tahun kerja di beberapa lintas sektor, saya mengamati beberapa fenomena yang terjadi dengan teman-teman sekitar. Selama 5 tahun tersebut, karir yang naik turun juga kerap disebabkan tidak adanya passion dari mereka yang menekuni. Uniknya, beberapa karir atau pekerjaan yang digeluti sama sekali gak ada hubungannya dengan academic background!

Saya beruntung dulu bisa berkuliah di jurusan komunikasi. Karena saya sendiri sudah menentukan sejak masih duduk di bangku SMA kelak mau jadi apa. Ingin melakukan apa, di mana dan bagaimana. Hingga akhirnya jurusan tersebut membawa saya ke industri kerja yang juga saya sukai. Yang lain belum tentu. Sangat disayangkan bertahun-tahun kuliah namun tidak begitu memberi manfaat di masa depan.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau kuliah apa, kayaknya game seru dari kampus USBI ini patut dicoba. Aplikasi “Predict Your Future” ini terdiri dari beberapa pertanyaan sederhana. Dengan pilihan terbuka yes or no, jawaban-jawaban yang kamu pilih akan membawamu pada sebuah kesimpulan tentang jurusan apa yang cocok buatmu nanti! Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dengan lengkapnya memberi gambaran terkait contoh-contoh pekerjaan/karir yang bagus buatmu nanti.

Nah barusan saya coba dan persis dengan jurusan yang saya pilih dulu di S1 hingga S2 kini. Kalau kamu???

Screen Shot 2014-04-12 at 7.16.59 AM

Screen Shot 2014-04-12 at 7.19.55 AM

 

 

About these ads

2 responses to “Karena Masa Depan adalah Hari Ini

Komen dong kakak...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s